Sistem Operasi Linux

Sebuah komputer dapat dioperasikan apabila dalam komputer tersebut terdapat sistem operasi yang kompatibel. Saat ini banyak sistem operasi yang dapat berjalan di PC seperti DOS,Windows, Machintos,Linux, dan Unix. pada tahun 1991 Linus B Torvalds, seorang mahasiswa di universtas Helsinki mengembangkan sebuah sistem operasi bernama Linux (Linus + Unix) . Linux mengadopsi standard spesifikasi UNIX yaitu POSIX.(Portable Operating System Interface).

Proyek Linux dimulai dengan versi kernell 0.0.1. Kernell Linux Pertama kali di publikasikan sejak 5 oktober 1991. kernell ini diposting oleh Linus Torvalds di newsgroup com.os.minix, Linux dirilis dalam bentuk open source dan didukung oleh lisensi GPL ( General Public License ) dimana sifat alamiah open source Linux adalah semua kode kernel Linux didistribusikan dan dapat ditambah atau dimodifikasi oleh siapa saja dengan alasan inilah dalam perkembangannya Linux banyak mendapat bantuan dari programer dan hakcer Unix dari seluruh dunia dan berkembang sangat cepat.

Tux

Tux

(Tux) Torvalds + Linux

Sampai saat ini sistem operasi yang merupakan varian dari generasi Linux banyak berkembang dengan konsep distro yang beragam, seperti RedHat, Mandrake, SUSE, Slackware, Madriva, Debian/GNU, dll. Linux dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), Alpha, Amiga, Atari, IBM, Intel, PowerPC, dan Sun SPARC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: