Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer. Sistem komputer terdiri atas elemen–elemen dasar berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan manusia (Brainware).

A. Perangkat Keras

Perangkat keras adalah peralatan dalam sistem komputer secara fisik dapat dilihat. Komponen utama perangkat keras sistem komputer adalah sebagai berikut.

1. Unit Masukan ( Input )

Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk masukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard, mouse,scanner dan lain –lain.

2. Unit Pusat Pengolah ( Cental Processing Unit ) / CPU

Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti keyboard, printer, maupun mouse. CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cd, disket, harddisk dan lain -lain. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

3. Unit Keluaran ( Output )

Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan atau mencetak keluaran sebagai hasil pengolahan data. Contohnya : printer, speaker, monitor, LCD monitor, dan lain – lain.

4. Media Penyimpanan ( memory )

Digunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program pengolahan. Memory dibedakan atas dua, yaitu memory internal dan eksternal. memory internal berupa RAM ( Random Access Memory ) yang berfungsi untuk menyimpan program yang diolah untuk sementara waktu dan ROM ( Read Only Me-mory ) yaitu memory yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan, sedangkan memory eksternal atau sekunder merupakan memory yang terpisah dengan unit pengolahan contoh dari memory eksternal adalah harddisk, cd-rom, floppy disk, dan lain -lain.

B. Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan: tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office), tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: