Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Pembagian jenis jaringan komputer ini didasari atas luas jaringan yang digunakan. Diantaranya adalah Local Area Network, Metropolitan Area Network, dan Wide Area Network.

2.5.1. Local Area Network (LAN) / Jaringan Area Lokal.

Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah warnet, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidakjauh dari sekitar 1 km persegi.

Gambar topologi jaringan LAN

Gambar topologi jaringan LAN

Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer – komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisk-nya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

2.5.2. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (biasa disebut MAN) merupakan gabungan dari beberapa Local Area Network dan pemanfaatan teknologinya pun hampir sama dengan yang ada pada Local Area Network. Luas dari Metropolitan Area Network biasanya mencakup jaringan antar gedung atau kantor, namun yang jaraknya < 100 km. Contohnya, jaringan beberapa kantor cabang suatu Bank yang saling terhubung di Jabotabek.

Gambar Jaringan MAN

Gambar Jaringan MAN

2.5.3. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di n-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit.

Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu diantara yang lainnya.

Gambar topologi jaringan WAN

Gambar topologi jaringan WAN

2.5.4 Intranet

Intranet adalah jaringan komputer private yang menggunakan protokol Internet serta koneksi jaringan untuk berbagi resources dari suatu organisasi dengan para karyawan, namun hanya terbatas pada organisasi yang sama. Konsep dan teknologi yang sama dengan Internet seperti server dan klien biasanya digunakan untuk membangun sebuah Intranet. HTTP dan Internet protokol lainnya yang paling banyak digunakan, khususnya FTP dan e-mail. Singkatnya, Intranet dapat diartikan sebagai “versi khusus dari Internet”, namun terbatas pada suatu organisasi saja.

2.5.5 Ekstranet

Ekstranet adalah suatu jaringan private yang menggunakan protokol Internet, konektifitas jaringan, dan mungkin sistem komunikasi publik yang aman untuk membagi resources dari sebuah organisasi, bisa dengan supplier, customer, vendor, atau bisnis lainnya. Ekstranet dapat dilihat sebagai bagian dari Intranet, namun pengguna dari luar perusahaan dapat mengaksesnya (biasanya melewati Internet). Singkatnya, sebuah ekstranet dapat dikatakan “suatu private internet melewati Internet”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: